Menu Utama :


[PETA NUSANTARA] [RADIO HARAMAIN] [TV-ISLAM CHANNEL] [QIBLAT LOCATOR] [MUSIK DAN FILM] [SLIDE FOTO]

pemikiran dan analisis para pakar untuk pembangunan bangsa


23 Agustus 2010

Dunia Ini: Video Penjelajah Bulan Sedang 'Menari'

ATHLETE adalah prototipe robot yang kelak bisa mengangkut manusia dan kargo ke Bulan.    

VIVAnews - Setelah bertahun-tahun melewati tahap desain dan tes di laboratorium, robot penjelajah Bulan (rover) milik Badan Antariksa AS, NASA siap meregangkan enam kakinya.

Robot itu diberi nama All-Terrain, Hex-Limbed, Extra-Terrestrial Explorer (ATHLETE).

Para insinyur di Jet Propulsion Laboratory (JPL) telah menguji ATHLETE dengan serangkaian tes, termasuk di jalan tanah di lingkungan JPL di California, Amerika Serikat. Para insinyur itu bahkan membuat video musik -- dimana robot penjelajah itu terlihat seperti menari.[klik tayangan video berikut]

 
ATHLETE yang saat ini baru setengah jadi adalah prototipe robot yang kelak bisa mengangkut manusia dan kargo di permukaan Bulan dan Mars.

Prototipe ATHLETE memiliki tinggi sekitar 15 kaki (4,5 m), lebar 15 kaki (4,5 m), dan berat sekitar 2,5 ton. Robot ini  bergerak relatif lambat, dengan kecepatan tertinggi sekitar 1,25 mph atau 2 kilometer per jam.

Konsep ATHLETE adalah dek kargo yang dibawa oleh enam roda yang berada di masing-masing 'tungkai' yang bisa dikonfigurasi.

JPL tak mempunyai area beraspal cukup luas untuk menguji robot besar dalam jarak yang jauh.

Beberapa jalan tanah di Arroyo Seco, California akhirnya digunakan sebagai area tes, apalagi kedekataan lokasi itu dengan laboratorium NASA itu.

Para insinyur ingin menguji kemampuan robot penjelajah bulan untuk memenuhi target NASA, setidaknya mampu melakukan perjalanan  25 mil (40 km) selama 14 hari dengan kekuatannya sendiri.

Uji coba resmi untuk ATHLETE dijadwalkan di gurun tinggi Arizona bulan depan.(sj)

HTML clipboard

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

New Page 14

Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.
PANDUAN VERIFIKASI AKUN PAYPAL ANDA KE REKENING BANK ANDA [KLIK DISINI]

Cari artikel, informasi di website dan atau di blog ini, seperti; foto (image), audio dan video dengan mesin Google berikut. Ketik keyword (kata kunci) dalam kotak, klik tombol "cari" pada form berikut :
Google
TIPs : Untuk mengotimalkan pemakaian mesin pencari "google.com" diatas, dapat Anda pelajari disini, silahkan klik: [http://zulfikri-kamin.blogspot.com/2008/07/tips-mengotimalkan-mesin-pencari.html] ----------