Menu Utama :


[PETA NUSANTARA] [RADIO HARAMAIN] [TV-ISLAM CHANNEL] [QIBLAT LOCATOR] [MUSIK DAN FILM] [SLIDE FOTO]

pemikiran dan analisis para pakar untuk pembangunan bangsa


19 Oktober 2008

Film: Ada Hak Anak Miskin di Diri Guru

Download:
FLVMP43GP

Saat ini, film Laskar Pelangi menjadi pembicaraan hangat di masyarakat. Mulai presiden hingga guru-guru di sekolah. Mereka menyempatkan diri pergi ke gedung bioskop dan menonton indahnya film besutan Riri Riza ini. Film yang diadopsi dari novel Andrea Hirata ini bercerita tentang kegigihan anak-anak miskin di Pulai Belitong menempuh pendidikan.



Kisah ini sejatinya amat sederhana. Anak-anak miskin yang gigih bersekolah dan guru yang terus bersemangat mengajar. Mereka belajar di atas bumi yang paling kaya di Indonesia. Pendidikan sejatinya diawali dari sini, sebuah kesederhanaan cita-cita, semangat menempuh pendidikan, semangat mencari ilmu, dan semangat mengajar, mendidik, melatih, mengevaluasi hasil pengajaran kepada anak didiknya.

Film Laskar Pelangi memberi hamparan hikmah yang luar biasa dalam pendidikan di negeri ini. Impitan ekonomi, rusaknya infrastruktur pendidikan, tingginya diskriminasi, jurang si kaya dan si miskin, tidak melemahan semangat mencari ilmu dan menaruh harapan, menaruh impian dan cita-cita. Anak-anak bangsa ini perlu diajari untuk bermimpi mengejar cita-cita, mengejar harapan, dengan semangat, kemandirian, ketangguhan, dan kerja keras. Tidak kenal menyerah untuk sebuah mimpi, untuk sebuah harapan. Dari impian itu pula, Andre Hirata, sang penulis novel, sejatinya ingin mengajarkan kekuatan internal, mental, dan semangat juang yang tak pernah ada habisnya.

Film ini mengilhami banyak hal. Tetapi, setidaknya ada dua hal utama yang perlu dibicarakan. Pertama, di tengah eksploitasi kekayaan alam di negeri ini, justeru anak-anak yang bertempat tinggal di daerah eksploitasi nyaris tidak memperoleh hak untuk belajar. Mereka nyaris tidak bisa sekolah karena ketiadaan gedung sekolah yang layak, baju atau sepatu untuk pergi-pulang sekolah. Anak-anak ini harus menempuh bermil-mil jauhnya untuk bisa sekolah, termasuk menantang bahaya: dimakan buaya. Kekayaan alam Indonesia tidak memberi jaminan kepada rakyatnya untuk hidup layak, termasuk memenuhi hak dasar yakni pendidikan.

Kedua, film ini merupakan gambaran nyata bahwa pendidikan harus menjadi tiang utama bangunan bangsa. Di tengah kesulitan apa pun, pendidikan harus tetap bisa dilaksanakan. Meski bangunan sekolah seperti kandang ayam dan nyaris runtuh, pendidikan harus tetap berjalan. Perlu orang-orang seperti Ibu guru Muslimah yang dengan gigih dan tekun membimbing anak-anak miskin ini untuk tetap bisa sekolah, tetap bisa memupuk cita-cita, mimpi, dan harapannya.

Ibu Guru Muslimah bisa menjadi profil guru utama. Ia tidak saja kesulitan memenuhi hidupya sendiri karena berbulan-bulan tidak digaji oleh sekolah. Ia memilih untuk mengabdikan hidupnya: untuk anak-anak. Ia menolak tawaran bekerja di tempat yang bergaji besar dan mewah. Ia tetap memilih mengajar di kelas rakyat yang bangunan sekolahnya nyaris ambruk. Ia sadar, anak-anak miskin ini mempunyai hak yang sama dengan anak-anak orang kaya untuk bisa sekolah. Ia tidak bisa meninggalkan hak-hak mereka demi ego pribadi agar bisa menerima gaji besar dan hidup layak.

Guru sejati seharusnya lebih mementingkan masalah ini. Bahwa di dalam diri guru sejatinya ada hak anak-anak yang tidak bisa sekolah, tidak bisa menuntut ilmu. Guru harus mengajari mereka dan membimbing mereka agar kelak di kemudian hari anak-anak kurang mampu ini bisa duduk sama rendah dan berdiri sama tinggi dengan anak-anak lainnya bahkan dengan anak-anak di seluruh dunia. [habe arifin-Millist CFBE]

1 komentar:

New Page 14

Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.
PANDUAN VERIFIKASI AKUN PAYPAL ANDA KE REKENING BANK ANDA [KLIK DISINI]

Cari artikel, informasi di website dan atau di blog ini, seperti; foto (image), audio dan video dengan mesin Google berikut. Ketik keyword (kata kunci) dalam kotak, klik tombol "cari" pada form berikut :
Google
TIPs : Untuk mengotimalkan pemakaian mesin pencari "google.com" diatas, dapat Anda pelajari disini, silahkan klik: [http://zulfikri-kamin.blogspot.com/2008/07/tips-mengotimalkan-mesin-pencari.html] ----------